Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018

Kegiatan Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 dilaksanakan pada 9 -12 April 2018. Kegiatan diikuti 150 peserta yang berasal dari Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Seiring dengan adanya reformasi birokrasi di Iindonesia khususnya Jawa Timur, muncul harapan agar pelaksanaan pengadaan barang dan jasa  dilingkungan Pemerintah dapat dilaksanakan  menjadi  semakin transparan dan akuntabel. Untuk memenuhi hal tersebut, maka perlu diakselerasi upaya menciptakan SDM ASN  yang profesional dalam bidang pengadaan barang dan jasa.

Berkaitan dengan hal tersebut dalam rangka meningkatkan keahlian Pegawai Negeri Sipil yang  di bidang pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka Biro Administrasi Pembangunan  menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa mulai tanggal 9 April s/d 12 April 2018 yang kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa pada tanggal 13 April 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perwakilan dari 67 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan total peserta sebanyak 150 orang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Drajat Irawan, SE., MT. Dalam Sambutannya Karo Administrasi Pembangunan  memaparkan beban kerja para pejabat pengadaan di setiap tahunnya semakin berat. Untuk itu nantinya, Pejabat Pengadaan harus bersikap profesional dan berorientasi pelayanan. Mengingat pentingnya peran pejabat pengadaan barang dan jasa bagi masing-masing Perangkat Daerah, maka Kepala Biro Administrasi Pembangunan berpesan kepada peserta Bimbingan Teknis agar dengan serius menyerap ilmu dari para narasumber agar nantinya dapat lulus ujian diakhir hari kegiatan. Dengan sertifikat yang didapat para peserta dapat memberikan peran positif bagi masing-masing Perangkat Daerah dalam mengakselerasi Penyerapan Anggaran yang transparan, akuntabel dan profesional.

Perlu diketahui, Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang Dan Jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Biro Administrasi Pembangunan merupakan amanah Pergub Jatim No. 58 Tahun 2018 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dimana pada salah satu pasalnya menjelaskan bahwa salah satu tugas Biro Administrasi Pembangunan adalah melaksanakan fasilitasi pembinaan pengadaan barang dan jasa.

Untuk menjaga profesionalitas dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, Biro Administrasi Pembangunan bekerjasama dengan IAPI (Ikatan Akuntan Publik Indonesia) bersama LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah). Dalam Bimbingan Teknis, selain diberikan materi terkait regulasi pengadaan barang dan jasa yang ter-update, juga diajarkan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus pengadaan barang dan jasa yang terjadi  pada umumnya. Sehingga diharapkan para peserta bimbingan teknis dapat mengerjakan soal-soal yang diujikan pada hari terakhir dengan baik dan menghasilkan para pejabat pengadaan yang profesional.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *