Pendampingan Implementasi Analisis Standar Belanja Pemprov Jatim 30, 31 Mei dan 4 Juni 2018

Pendampingan Implementasi Analisis Standar Belanja Pemprov Jatim dalam rangka Penyusunan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019 diselenggarakan pada tanggal 30, 31 Mei dan 4 Juni 2018 di Ruang Rapat Biro Administrasi Pembangunan. Dihadiri oleh 67 Perangkat Daerah dilingkungan Provinsi Jawa Timur.

Dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur Jawa Timur No.  14 Tahun 2018 Tentang Analisis Standar Belanja memiliki arti bahwa bahwa 67 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur wajib menyusun RKA 2019 dengan memperhatikan Analisis Standar Belanja yang telah disusun oleh Biro Administrasi Pembangunan beserta Tim Penyusun yang terdiri dari Tim Anggaran dan Narasumber dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Pada Tahun 2018, telah tersusun 40 Analisis Standar Belanja yang terdiri dari rumpun pelatihan, pemeliharaan, pengadaan, rapat, festival dan sebagainya. Dengan adanya implementasi ASB pada penyusunan RKA 2019, diharapkan setiap nilai anggaran APBD Jawa Timur  dapat terukur kinerja program dan keuangan secara efisien, ekonomis, efektif, transparan dan akuntabel.

Pada dasarnya penerapan ASB di suatu organisasi pemerintah  merupakan amanah dari perundang-undangan antara lain : (1) UU No. 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara; (2) UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah; (3) Peraturan Pemerintah No. 105 Tahun 2000 Tentang Pemgelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah; (4) Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah; (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006; (6) Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018.

Untuk itu ASB dijadikan standar untuk menilai kewajaran atas beban kerja dan biaya terhadap suatu kegiatan. Dengan menerapkan ASB maka mendukung dan memperlancar proses penganggaran berbasis kinerja dan ASB merupakan instrumen pendukung penerapan E Planning dan E Budgeting di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur.

Untuk mengakselerasi penerapan ASB pada penyusunan RKA Tahun 2019, pada Tanggal 30 – 31 Mei dan 4 Juni 2018 diselenggarakan Pendampingan ASB di Ruang Rapat Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Tak hanya itu, Biro Administrasi Pembangunan siap melakukan help desk setiap saat bagi Perangkat Daerah yang ingin berkonsultasi terkait ASB yang diimplemntasikan pada E Budgeting untuk Penyusunan RKA Tahun 2019.

Guna mempermudahkan mengimplementasikan ASB, selain memberikan kalkulator perhitungan ASB bagi Perangkat Daerah, Biro Administrasi Pembangunan juga telah membangun perhitungan ASB berbasis web yang dapat diakses Perangkat Daerah, sehingga tidak ada lagi alasan bagi Perangkat Daerah untuk kesulitan dalam penganggaran APBD 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *