Sosialisasi Pedoman Kerja dan Pelaksanaan Tugas Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018

  

Sosialisasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 64 Tahun 2017 tentang Pedoman Kerja dan Pelaksanaan Tugas Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2017 yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dan dihadiri 67 Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur

Sesuai amanah Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 58 Tahun 2016 Tentang tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, dimana salah satu tugas pokok Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur adalah menyusun pedoman pelaksanaan APBD, maka pada tanggal 26 Oktober 2017 dilaksanakan peluncuran atau sosialisasi terhadap buku Pedoman Kerja dan Pelaksanaan Tugas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 yang dipayungi oleh Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2017. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Ahmad Sukardi , MM yang didampingi oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Dr. Ir. Drajat Irawan, SE., MT. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pedoman Kerja tersebut merupakan hal yang mutlak diterapkan dalam pelaksanaan APBD daerah karena jika perangkat daerah menyimpang dari pedoman tersebut, maka akan menjadi temuan bagi pengawas keuangan. Buku Pedomaan Kerja memiliki 19 Bab Utama antara lain : (1) Indikator Kinerja Utama (IKU) Provinsi Jawa Timur Tahun 2018; (2) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah; (3) Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah; (4) Pelaksanaan Kegiatan Dekonsentrasi Dan Tugas Pembantuan (APBN) di Jawa Timur; (5) Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran APBD dan APBN; (6) Pembinaan Aparatur; (7) Standar Honorarium / Upah / Tarif; (8) Perjalanan Dinas; (9) Pengelola Keuangan Daerah; (10) Penatasusahaan Keuangan Daerah; (11) Pengelolaan Keuangan BLUD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur; (12) Administrasu Pengelolaan Barang Milik Daerah; (13) Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah; (14) Pedoman dan Tata Cara Penyelenggaraan Pembangunan Bagunan Negara Berdasar Lingkungannya; (15) Pedoman Penyelenggaraan Penataan Ruang dan Geospasial; (16) Penanganan Bencana Status Keadaan Darurat Bencana; (17)PPID Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur; (18) Tata Kelola Teknologi Informasi Komunikasi OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur; (19) Penutup. Buku Pedoman Kerja Pelaksanaan APBD dapat dikatakan sebagai kitab penunjuk jalan dalam membelanjakan APBD di Tahun 2018, hal –hal diluar aturan tersebut akan menjadi sorotan yang patut dipertanyakan. Untuk itu sangat wajib setiap Perangkat Daerah mengimplementasikannya dengan baik dan benar.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 64 Tahun 2017 tentang Pedoman Kerja dan Pelaksanaan Tugas Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018, 67 Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat membelanjakan APBD dengan baik dan benar dan tepat sasaran secara masif.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *