Biro Adm. Pembangunan

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Jawa Timur melalui Gerakan 2000 Startup

img

"Sosial Ekonomi - Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Jawa Timur melalui Gerakan 2000 Startup"

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur mengadakan Gerakan 2000 Startup dengan tema “Kebangkitan Startup Jawa Timur Dalam Rangka Mendukung Ekonomi Kreatif”. Acara tersebut dilaksanakan pada 20 September 2023 dengan tujuan untuk menjadi wadah yang mempertemukan pelaku Startup dengan mitra stategis agar tercipta sinergi dan kolaborasi. Selain itu gerakan 2000 Startup diharapkan mampu menunjukan keberadaan Startup Jawa Timur khususnya yang berbasis Inovasi, Kreativitas dan Teknologi Digital. Agenda tersebut diresmikan oleh secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara simbolis dengan penekanan tomboh oleh  Gubernur Khofifah bersama sama dengan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama dan Kealumnian IT, Bambang Pramujati Ph.D, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim dan Kepala Disperindag Jatim.

Gerakan 2000 Startup dihadiri oleh Startup dan Komunitas Startup, Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta, Asosiasi Industri, Universitas, Perguruan Tinggi, SMA dan SMK. Gubernur Khofifah memberikan apresiasi kepada seluruh pelaku startup dan berpesan agar terus semangat dan produktif melakukan yang terbaik untuk Jawa Timur maupun Indonesia. “Agenda hari ini bukan hanya sekedar mempersiapkan 2.000 Startup baru, melainkan juga startup yang sudah ada agar terus dipacu percepatan geraan big ekonomi di Indonesia dan di Jawa Timur,” ucapnya. Menurut Khofifah kehadiran startup maupun job creater merupakan bagian yang sangat penting untuk menurunkan Tingkat Pengaaangguran Terbuka di Jawa Timur. “Terhitung per Februari 2023 Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur 4,33 % sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka Nasional 5,45% . Artinya tingkat pengangguran di Jawa Timur pada saat ini lebih rendah dari pada nasional. Inilah yang harus kita syukuri, dengan kehadiran para pelaku startup insyaallah bersama sama dapat menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur,” terang Gubernur Khofifah.

Dalam acara Gerakan 2000 Startup Gubernur Khofifah juga memberikan penghargaan dengan kategori Lembaga Industri Kreatif di Jawa Timur yang diberikan kepada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, PT POS Indonesia (Persero), Bank Jatim, PT. Grab Teknologi Indonesia dan PT Goto Gojek Indonesia Tbk. Serta penghargaan dengan kategori Pelaku Startup Kreatif di Jawa Timur yang diberikan kepada CV Gain Ultima, Djoyo Tani, Ecowisata Napote, Sampah Kita, Plat Pe & Quiz Indonesia, Tokolabs dan Letsplay Indonesia. Akhir acara, gubernur meninjau secara langsung stand yang menampilkan karya karya pelaku startup Jawa Timur mulai startup nasional hingga lokal, juga stand OPD dan BUMD. (Tim Admin)

 

Sumber :

https://jatim.viva.co.id/amp/kabar/7330-gerakan-2000-startup-jatim-diyakini-mampu-tumbuhkan-ekonomi-kreatif?page=all

https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/gubernur-khofifah-harapkan-pelaku-startup-di-jawa-timur-jadi-pengungkit-ekonomi-kreatif

0 COMMENTS
BIROAP
KONTRIBUTOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Link Posting yang berhubungan

Comments

 

USER SIDEBAR MENU