Biro Adm. Pembangunan

8 Desa Pariwisata di Jawa Timur Terima Penghargaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023

img

"8 Desa Pariwisata di Jawa Timur Terima Penghargaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023"

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berlansung di Taman Mini Indonesia Indah dan diikuti sebanyak 7.275 desa wisata dari seluruh Indonesia. Desa wisata Jawa Timur mengalami pertumbuhan secara signifikan sehingga berpengaruh pada perekonomian masyarakat, berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur terdapat 596 desa wisata yang tersebar dari Kabupaten Pacitan hingga Banyuwangi. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menyampaikan desa wisata telah terkurasi dari 500 besar, 300 besar dan 75 besar. Desa wisata yang mendapatkan penghargaan tersebut merupakan hasil dari asas Inisiasi, Kolaborasi, dan Inovasi.

 

Atas pencapaian tersebut Gubernur Jawa Timur mengapresiasi Desa Wisata yang meraih penghargaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. “Semoga bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dan mendukung tercapainya target kunjungan wisata ke Jawa Timur mencapai 238 juta wisatawan 2023,” kata Gubernur Khofifah (22/3/2023). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengatakan pertumbuhan desa wisata di Jawa Timur sesuai dengan visi Gubernur untk membangun Desa Wisata CEMARA (Cerdas, Mandiri dan Sejahtera).

 

Pada tahun tahun sebelumnya dalam ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Jawa Timur turut menyumbang Desa Wisata Terbaik, di tahun 2021 terdapat enam Desa Wisata Terbaik yaitu Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani di Lumajang, Desa Wisata Serang di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Sanankerto di Kabupaten Malang, dan Desa Wisata Kampung Blekok di Situbondo serta Penghargaan khusus Mandiri Inspiratif yang diraih oleh Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang. Selanjutnya di tahun 2022 Jawa Timur meraih empat Desa Wisata Terbaik yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso. Perolehan Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 menjadi capaian yang tertinggi, Jawa Timur memperoleh Delapan Penghargaan dengan berbagai kategori. (Tim Admin)

 

Sumber : 

https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/tertinggi-nasional-delapan-desa-wisata-di-jawa-timur-raih-adwi-2023

https://disbudpar.jatimprov.go.id/berita/8-desa-wisata-jawa-timur-sabet-juara-anugerah-desa-wisata-indonesia-tahun-2023

 

0 COMMENTS
BIROAP
KONTRIBUTOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Link Posting yang berhubungan

Comments

 

USER SIDEBAR MENU